Kamis, 07 Oktober 2010

Pelatihan webblog sd


Hari ini tanggal 7 Oktober 2010 dilaksanakan pelatihan webblog sd yang diselenggarakan oleh PT Telkom Pontianak, bertempat di kantor telkom Pontianak jalan Teuku Umar dari pukul 13.00 - 16.00.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan guru-guru peserta pelatihan webblog sd. Para peserta berasal dari SD IBC Immanuel, SD Gembala Baik, dan beberapa SD swasta Pontianak lainnya. Setelah itu dilanjutkan dengan kata sambutan dari pihak telkom.


Pelatihan didahului dengan membuat account Gmail masing-masing peserta pelatihan. Tetapi tidak ada yang sempurna, semua peserta mengalami masalah dalam pembuatan account Gmail dikarenakan oleh gangguan dari server Gmail yang diakses melalui komputer yang telah disiapkan pihak telkom untuk para peserta. Dari 15 perangkat yang disiapkan telkom, peserta yang hadir sebanyak 13 orang, hanya ada satu peserta dengan perangkat komputer terdepan yang bisa mengakses account Gmail. Akhirnya pembicara workshop mengambil keputusan dengan  membuatkan sebuah account Gmail melalui netbook pribadinya dan account Gmail tersebut digunakan bersama untuk membuat account di Blogger.com.

Pembicara workshop dengan dibantu beberapa staff dari telkom membantu beberapa peserta yang mengalami kesulitan dalam membuat blog. Dari hal ini bisa dilihat ternyata masih banyak guru-guru yang
 belum terlalu mahir dalam memanfaatkan kemajuan teknologi sekarang ini. Dan memang inilah yang menjadi tujuan dari workshop pelatihan blogger sd ini supaya guru-guru sd yang ada di Pontianak ini bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Pontianak secara khusus.

Dalam proeducation-ptk.blogger.com, blog milik telkom penyelenggara peltihan blogger ini, disebutkan mengenai tujuan dari workshop pelatihan ini adalah
         "Memahami dasar-dasar pembuatan situs pribadi/weblog, menuangkan/memposting idea-idea tulisan yang terkait dengan kompetensinya sebagai tenaga pendidik bagi pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan, mempercantik & memanfaatkan fitur-fitur blog, pemanfaatan Web Blog sebagai media pembelajaran e-learning & terbentuknya komunitas web blog Pembelajar."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar